Apa perbedaan antara pekerjaan, profesi, dan karier?

Seringkali istilah "pekerjaan", "profesi", dan "karier" digunakan secara bergantian. Namun dalam kenyataannya, istilah-istilah ini memiliki arti yang sangat berbeda, jadi penting untuk membedakan antara kondisi-kondisi ini.

"Pekerjaan" adalah pekerjaan yang Anda terima pembayarannya. Oleh karena itu sarana untuk hidup dan mungkin atau mungkin tidak dalam jangka panjang atau mengarah pada sesuatu yang lain melalui kerja. Untuk alasan ini, tugas dapat dianggap sebagai satu tugas besar atau satu set tugas yang biasanya dilakukan dengan imbalan uang. Pekerjaan kontrak dan pekerjaan proyek sering mengandung "pekerjaan" yang harus dilakukan, biasanya dalam jangka waktu tertentu (bahkan jika itu diulang selama berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun). Individu cenderung berbicara tentang pekerjaan mereka sebagai "hanya pekerjaan" ketika itu tidak menawarkan mereka kepuasan jangka panjang dalam jangka panjang.

"Pendudukan" adalah kategori pekerjaan yang luas dengan karakteristik serupa. Dengan kata lain, profesi adalah gelar yang luas untuk apa yang dilakukan seseorang secara terus menerus. Ini berarti bahwa semua pekerjaan mereka cocok dengan kategori profesional yang diakui oleh kebanyakan orang. Ada banyak contoh dalam kategori ini, tetapi beberapa mungkin seorang akuntan, dokter, insinyur, perawat, tukang ledeng, polisi, ilmuwan, atau guru. Seperti yang Anda lihat, sebagian besar profesi cukup dipahami dalam konsep, jika tidak dalam istilah tertentu, dan karena itu ada banyak informasi yang baik untuk mengumpulkan tentang mereka (misalnya, online) sebagai peluang karir masa depan. Kepuasan kerja sering kali lebih besar dalam peran profesional, tetapi di zaman modern kemungkinannya jauh lebih kecil daripada di masa lalu bahwa orang hanya tinggal di satu pekerjaan. Hari ini, banyak dari kita akan berganti pekerjaan beberapa kali dalam hidup kita.

Akhirnya, adalah "karier" perjalanan seumur hidup untuk membangun dan menggunakan keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman Anda (di mana pun mereka berada)). Dengan kata lain, karir adalah periode kerja jangka panjang, biasanya di bidang atau industri tertentu. Oleh karena itu, seorang individu biasanya akan menghabiskan waktu bertahun-tahun di suatu area atau industri dan melakukan peran yang berbeda-beda. Karier demikian mirip dengan profesi, tetapi seringkali jauh lebih luas, karena dapat membawa banyak profesi terkait ke bidang yang sama atau serupa. Sebagai contoh, seorang dokter dapat mulai sebagai penduduk di rumah sakit, menjadi seorang ahli bedah, bertindak sebagai spesialis, menjadi direktur medis dan akhirnya menjadi administrator rumah sakit. Ini adalah empat profesi yang berhubungan langsung, tetapi dapat dianggap sebagai karir di bidang medis.

Tentu saja tidak ada yang secara umum mencegah individu dari mengejar karir yang cukup beragam di mana dia memulai sebagai akuntan, misalnya, bekerja dengan cara menjadi Chief Financial Officer, yang kemudian menjadi Chief Executive. Ia bahkan dapat mengakhiri karirnya dalam manajemen perusahaan yang sama sekali berbeda di bidang yang tidak diketahui – masih merupakan karier yang hebat!

Jadi dalam ringkasan, pekerjaan adalah pekerjaan yang Anda terima upah, profesi adalah serangkaian pekerjaan dengan karakteristik serupa dan akhirnya karir adalah memanfaatkan keahlian, pengetahuan, dan pengalaman Anda sepanjang hidup.

Mengapa itu penting?

Jika Anda hanya menginginkan pekerjaan, Anda mungkin ingin mengumpulkan uang Anda sebagai imbalan atas jam kerja yang Anda luangkan dan Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang kemana perginya hal itu di masa depan. Kedua karyawan yang lebih muda dan lebih tua sering berpendapat bahwa hal ini sepenuhnya dapat diterima, karena mereka ingin mendapatkan pengalaman untuk resume mereka atau ingin mendapatkan uang untuk membiayai kegiatan atau minat mereka di luar pekerjaan. Namun, segera setelah Anda mulai berpikir tentang isu-isu lain seperti minat yang lebih dalam pekerjaan Anda, pertumbuhan, pembelajaran dan pengembangan, dan peluang untuk kerja sama, Anda mulai berpikir dalam istilah yang lebih profesional (area di mana Anda bisa makmur) dan kondisi karir (di mana satu pekerjaan dapat mengarah ke yang lain yang mungkin Anda nikmati lebih banyak). Untuk alasan ini, kami akan memeriksa bagaimana kami dapat melihat profesi dan karier yang menawarkan potensi terbesar untuk bersenang-senang bagi individu. Dan untuk melakukan ini, pertama-tama kita harus tahu banyak tentang diri kita sendiri.



Source by Jon Warner

Bookmark the permalink.

Comments are closed.